There was an error in this gadget

Tuesday, 25 March 2014

Lagu dan Karakter




Sejak memiliki notebook baru saya lebih sering dengar lagu wali dan salah satu favorite saya yaitu lagi judul “abatasa”. Bagus banget liriknya dan tidak ada unsur2 cinta2an. Oh ya, kali ini saya mau bahas tentang lagu favorite dari masing-masing tipe orang yang saya kenal. 

Tipe kasmaran à biasanya lagu yang mereka suka rada-rada lagu cinta kayak lagu Once. Orang ini kayak gini selalu berharap dekat dengan kekasihnya yang jauh walaupun sebenarnya dekat -_-. Dia merasa kesepian dan ingin berada dipelukan sang kekasih. Salah satu teman saya yang suka lagu once adalah Juni yang memiliki kekasih di sebuah daerah di Sumatera Utara (saya lupa persisnya).
Tipe pejuang à sukanya lagu yang membangkitkan darah juang seperti ost Gie. Orang ini selalu berusaha untuk mencapai impiannya dengan belajar dan tak kenal lelah dalam belajar. Asal tau aja aku mau masuk UI karna denger lagu ini makanya ngak ada tidak untuk masuk UI. Memang ngotot pada akhirnya harus nanggung resiko tersendiri. Heheee…

Tipe penggemar lagu à ini dia orang yang suka banget beberapa gendre lagu yang menjadi hobbynya. Dia suka mulai dari pop, rock, dnagdut, keroncong, dan lagu daerah. Gado-gado deh, semua lagu dimasukin kayak mau tampil dikondangan aja ^^. Dia salah satunya adalah temanku juga namanya firdaus atau sering di panggil apit. Dia hafal lirik-lirik lagu lama bahkan yang nulisnya udah lupa ^^

Kajian tentang musik yang seirng dibahas oleh anak komunikasi ternyata sangat menarik. Beberapa kali aku pernah membaca skripsi, tesis bahkan disertasi mengenai musik yang ditulis oleh anak komunikasi UI kebanyakan. Beberapa analisis mengatakan bahwa kita selalu menginterpretasikan lagu sesuai dengan keadaan kita sehingga merasa lagu tersebut cocok untuk kita. Itu juga dalam lagu biasa menggunakan kata umum biar bisa masuk dalam setiap interpretasi pendengar.

Beberapa gendre musik yang menjadi bahan bacaan saya salah satunya yang saya tertarik yaitu mengenai musik punk rock terutama pemahaman punk yang berkembang dibeberapa wilayah. Punk menjadi salah satu komunitas dari anak-anak jalanan di kota-kota besar yang sebanarnya membawakan suatu idealism yaitu anti kemapanan. Tidak hanya itu punk juga merupakan bukti dari kebencian pada sistem kapitalis dan tidak setuju dengan sistem perburuhan karena bersifat menindas.
Selain itu saya juga tertarik dengan musik jaman dulu atau jadul atau klasik atau apalah. Salah satunya yaitu indri dengan judul “cintaku padamu”. Salah satu yang membuat musiknya bagus adalah suara Indri sendiri yang begitu syahdu. Mungkin dengan mendengarnya saja orang bisa berpendapat bahwa paras Indri sangat cantik tapi siapa tau. Menggunakan google saya mencoba mencarinya namun penyanyi bernama Indri tidak ada walau ada langunya hanya bentuk mp3.

Jika kita bagi terdapat banyak bagian dalam suatu musik yaitu makna lirik, alunan nada, suara penyayi, dan arasamble dari semua alat musik yang digunakan. Semua itu akan memasuki telingamu dan jika kamu memilik musik yang salah makan itu akan berdampak pada tingkah laku dan pola fikirmu sendiri. Oleh karena itu pilihlah gendre dan musik yang benar agar tidak tersesat ^^. Salah satu musik yang membawa pikiran jernih adalah melodi yang beraturan. (saya lupa lagi, simphoni apa tepatnya, klo sodara tertarik bisa chek mbah google deh ^^)

No comments:

Post a Comment