There was an error in this gadget

Thursday, 18 August 2011


NAZARUDDIN, DITANGKAP UNTUK DIBUNGKAM

oleh : taqiyuddin al baghdadi


"Susno saja bisa dibungkam, apalagi Nazar seorang diri untuk membongkar aib partai penguasa."

Dengan pesawat carteran seharga sekitar Rp 4 Milyar, Sabtu (13/8) tersangka korupsi M Nazaruddin tiba di Indonesia setelah dibo¬yong dari Cartagena, Colombia.

Nazar memang bukan koruptor biasa. Sampai dua kali Presiden SBY menyebut nama mantan bendahara Partai Demokrat itu dalam pidato terbuka. Padahal, jamaah koruptor lain tak pernah diperlakukan yang sama. Misalnya dalam kasus suap pemilihan Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia tahun 2004.

Sejak dinyanyikan politisi PDIP Agus Condro, skandal suap tersebut telah menjebloskan 26 anggota dan mantan anggota DPR 2004-2009 sebagai tersangka penerima suap pemilihan Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia Miranda Swaray Gultom.

Anehnya, Miranda Goeltom dan Nunun Nurbaety yang disebut-sebut sebagai kran duit suap, sampai detik ini masih aman dari jerat hukum. Nunun bahkan aman di luar negeri dengan dalih menderita "amnesia permanen". Dan polisi tak berdaya memulangkannya.

Indonesia Corruption Watch (ICW) mencurigai M Nazaruddin akan dibungkam setelah ditangkap Interpol. Malah, Ketua Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi, Abdullah Hehamahua, khawatir tersangka kasus korupsi pembangunan wisma atlet SEA Games itu mendapat kekerasan seperti Munir.

"Kalau Nazar di-Munir-kan (dihabisi —Red), di Indonesia ini apa yang tidak bisa?" kata Abdullah di kantor KPK, Rabu pekan lalu.

Pembungkaman dilakukan agar mantan petinggi Partai Demokrat itu tidak membuka kasus
kasus yang melibatkan elite partai yang diketuai Anas Urbaningrum.

Bahkan Akbar Tanjung mengaku sangat yakin, jika kasus tersebut diusut KPK secara profesional dan independen, sejumlah politikus dari partai lain juga akan terseret.

Peneliti Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW, Donal Fariz mengatakan Nazaruddin dapat bernasib sama dengan mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol Susno Duadji. Susno dibungkam setelah coba membongkar aib institusi¬nya dan kecurangan pemilu 2009. Ia sempat dijebloskan ke penjara dan dijerat tindakan pidana. Kini suara lantangnya tak terdengar lagi. "Pembungkaman memang sangat potensial terjadi. Susno saja bisa dibungkam, apalagi Nazar seorang diri untuk membongkar aib partai penguasa,” kata Donal.
Donal meminta Nazaruddin harus dijamin keamanannya secara fisik dan informasinya oleh KPK bersama Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Hal itu dilakukan agar Nazaruddin terhindar dari tekanan pihak-pihak tertentu. "Harus dijamin fisik dan informasinya oleh KPK bersama LPSK. Bahkan, harus jauh dari akses kader Demokrat yang diduga bermasalah. Sehingga upaya intimidasi dapat dihilangkan," ujarnya.

Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar, Akbar Tanjung, menantang Komisi Pemberan¬tasan Korupsi (KPK) menuntaskan proses hukum kasus Nazaruddin hingga ke akar-akarnya.
"Proses hukumnya kalau memang (KPK) serius, harus tuntas. Tidak boleh sepenggal-sepenggal, apalagi pandang bulu.” imbau mantan Ketua DPR RI periode 2004-2009 tersebut saat berkunjung ke Kabupaten Ponorogo, JawaTimur, pekan lalu.

Pengamat politik Burhanudin Muhtadi khawatir, kasus besar ini akan direduksi hanya menjadi kejahatan seorang Nazaruddin dan segelintir orang di luar Partai Demokrat yang sudah dikorbankan. Sama seperti pada skandal pajak, yang direduksi pada Gayus Tambunan seorang.

Begitulah dalam sistem demokrasi. Amanah kekuasaan dipertaruhkan demi harta dan tahta belaka.

Wednesday, 17 August 2011

epistemologi dan pandangan hidup islam


Epistemologi adalah bahasa yang berasal dari bahasa yunani. episteme berarti pengetahuan sedangkan logos berarti ilmu. jadi dapat di albil kesimpulan bahwa epistemologi adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan asal, sifat, dan jenis ilmu pengetahuan .epistemologi juga sering di sebut dengan teori ilmu pengetahuan.
apa yang membuat epistemologi begitu penting untuk kita gali?? mungkin tak terbayangkan sebelumnya bahwa sebenarnya epistemologi ini mempunyai kaitan yang sangat erat dengan pandangan hidup (worldview) karena keduanya berada dan bekerja dalam pikiran manusia. epistemologi islam hanya dapat dikembangkan dengan merujuk kepada worldview islam.
worldview atau pandangan hidup dapat diartikan kepercayaan, perasaan, dan apa-apa yang terdapat dalam pikiran orang yang berfungsi sebagai motor bagi keberlangsungan dan perubahan sosial moral.
hal-hal yang sangat berhubungan dengan worldview
-->perubahan sosial
-->pemahaman realitas
-->aktifitas ilmiah
-->tolak ukur untuk membedakan suatu peradaban dengan yang lain